France Petite Madeleine Kelezatan Butter Cake dalam Kesederhanaan Pembuatannya

Wow… kue dari Perancis siap menyambangi Bunda nih! France Petite Madeleine, kue jadul dari Perancis yang lezat nikmat  dan wangi a la butter cake. Membuatnya tak serumit namanya kok Bun…  so.. so.. so.. simpel. Yuk, kita ulas bersama biar kenal dulu sebelum mencobanya. Kan kata orang “tak kenal maka tak sayang”, nanti sekalinya kenal  pasti Bunda ketagihan deh.

France Petite Madeleine merupakan cake tradisional Perancis berbentuk kerang, sebagai kue yang umum dibuat oleh para wanita di hampir setiap keluarga di sana. Madeleine sendiri menurut beberapa sumber sejarah merupakan  wanita bangsawan si pencipta kue ini, namun ada sumber sejarah lain yang menyatakan penamaan Madeleine diambil dari tokoh wanita bangsawan yang dikagumi dan penamaan kue tersebut lebih untuk memberikan citra feminim pada kue tersebut, sebagai kue buatannya para wanita.


Sebagai kue yang dibuat sejak berabad-abad lalu, tentu pembuatannya tidak memerlukan alat-alat seperti era modern sekarang ini. Keberadaannya yang merakyat menunjukkan bahwa France Petite Madeleine ini pastilah sangat digemari dan mudah dibuat, dan fakta bahwa kue ini digemari sampai seantero negeri tentu rasanya pasti lezat. Sekarang saatnya Bunda mencoba kue Perancis ini, dengan resep di bawah ini pasti Bunda bisa membuatnya.

Bahan-bahan

Bahan A

  • 130 gr Gula Pasir
  • 120 gr Tepung Kunci/Low Protein
  • 1/8 sdt Garam
  • 3/4 sdt Baking Powder 

Bahan B

  • 2 Telur uk besar
  • 1 sdm Susu Cair
  • 1 sdm Vanilla Paste/Biji Vanilla

Bahan C

  • 115 gr Butter lelehkan

Cara Membuat

  1. Campurkan semua bahan A aduk rata pakai whisk, sisihkan
  2. Kocok pakai whisk bahan B sampai tercampur rata lalu campurkan ke bahan A
  3. Masukkan Bahan C perlahan, aduk rata pastikan rata (jangan aduk berlebihan agar tidak keras)
  4. Tutup dengan Cling Wrap istirahatkan 3 jam, 6 jam, bahkan bisa sampai 1 malam di Kulkas
  5. Masukkan piping bag, semprot dalam Loyang Madeleine yang sudah dioles lalu panggang sekitar 190 ⁰C sekitar 20mnt/ sesuaikan oven masing-masing

Cuantiknya kue France Petite Madeleine ini, sepadan dengan kelezatannya. Kue yang akan jadi salah satu favorit keluarga, yang akan dirindukan saat mereka jauh dari Bunda. Buruan coba di dapur, dan hidangkan buat keluarga di rumah. Selamat mencoba!

Sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "France Petite Madeleine Kelezatan Butter Cake dalam Kesederhanaan Pembuatannya"

Posting Komentar